OUR BLOG

Get the latest information about the our articles
02
Apr

Senepis – Berbagi Ruang dengan Satwa Liar

Bentang alam senepis yang memiliki keanekaragaman hayati sebagai sumber kehidupan bagi manusia dan satwa lainnya, menjadikan bentuk rantai makanan ekosistem untuk memenuhi kebutuhan hidup. Konektivitas habitat dengan isinya baik pada hutan primer maupun hutan sekunder dalam berbagi ruang antara manusia dan satwa liar.

aktivitas nelayan di sempadan hutan senepis

Hutan yang diperuntukkan untuk habitat satwa, juga dapat dinikmati oleh manusia sebagai sumber kehidupan bernilai ekonomis. Dalam kesehariannya masyarakat melakukan pemasangan Jaring Jebakan atau yang biasa disebut dengan Bubu. Pemasangan dilakukan dikawasan yang berdampingan dengan habitat harimau sumatera. Mereka mempercayai adanya berbagi ruang dengan sang predator dalam hal teritorial dan perburuan mangsa.

Beberapa satwa liar yang masih ditemui ini memerlukan habitat yang cukup untuk menjadi perlindungan serta pencarian pakan. Keberadaan burung rangkong badak adalah sebagai bukti bahwa masih adanya pohon besar yang berguna untuk pencarian pakan dan tempat pembuatan sarang. Burung ini dipercaya mampu menebar biji-bijian yang nantinya akan menjadi bibit pohon.

Rangkong Badak_buceros rhinocero

Kita sebagai manusia harus menjaga dan melestarikan hutan yang ada agar mereka tetap nyaman dan berkembang biak sebagaimana semestinya.

Patroli Tumbuhan-Satwa Liar yang kami lakukan bersama Belantara Foundation sebagai bentuk kecintaan dan pelestarian keanekaragaman hayati di Bentang Alam Senepis.

Leave a Reply

You are donating to : Rimba Satwa Foundation

How much would you like to donate?
$10 $20 $30
Would you like to make regular donations? I would like to make donation(s)
How many times would you like this to recur? (including this payment) *
Name *
Last Name *
Email *
Phone
Address
Additional Note
Loading...